Minggu, 13 September 2009

 Ada Apa..? Projector Tampil bintik bintik...

       Saat ini sering kita jumpai tampilan projector ada titik titik terang seperti kunang2 atau titik2 air yang sangat mengganngu sekali, padahal sebelumnya tidak ada apa apa atau hanya satu dua saja tapi semakin lama semakin banyak bahkan hingga tampilan layar penuh bintik bintik seperti kunang2 atau titik2 air kalau hal ini terjadi kadang kita menganggap itu paling lensanya kotor jadi perlu dibersihkan aja..tunggu dulu... ..
     Gejala seperti ini sebenarnya ada masalah dengan projector anda yaitu kerusakan pada DMD chipsnya, salah satu jalan mengatasinya adalah dengan mengganti Chips tersebut. sebelum mengganti chips saya saranin projector di cleaning over houl dulu dari debu ataupun kotoran yg menempel kemudian baru kita pasang dmd chipsnya jangan lupa dikasih pasta pendingin, biar chips lebih awet dan tahan lama. Demikian tips mengatasi projector bintik2.. Semoga bermanfaat.
Tips Agar Lampu Projector Awet


 Umur lampu Projector sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelembaban udara, panas yang tinggi, ventilasi udara di dalam casing Projector itu sendiri.
Setelah dinyalakan, kita harus mendinginkan unit Projector selama kurang lebih 5 menit, setelah itu matikan Projector, dan cabut aliran listrik dari stop kontak. Beberapa merk tertentu seperti Toshiba, Epson dll, sudah memiliki fasilitas Fast Cool Down, sehingga Projector dapat langsung dimatikan.
Jika projector mati mendadak karena listrik mati/tidak melalui proses cooling down.biarkan projector dingin dulu kurang lebih 15 menit.jgn langsung dinyalakan.
Perhatikan benda-benda sekitar Projector yang dapat menghambat aliran udara masuk, sehingga menyebabkan Projector menjadi Overheat / Kepanasan.
Usahakan agar Projector mempunyai jarak sekitar 60 cm dari benda-benda sekitarnya
Setiap 3 bulan sekali lakukan pembersihan kisi-kisi ventilasi udara di casing Projector. jika lingkungan tempat Projector tsb sangat berdebu, lakukan lebih sering lagi.

TIPS membeli projector 2nd
Memilih projector second tidak semudah memilih peralatan electronic bekas lain seperti tv, computer atau laptop. untuk itu sebelum membeli projector usahakan kita mengetahui dulu spek yg perlu diketahui tentang sebuah projector. Projector memiliki umur jadi jangan sampe kita kecewa setelah memutuskan untuk membeli projector 2nd, Apa saja sih yang perlu kita ketahui sebelum membeli sebuah projector?
Pertama kita tentukan dulu kebutuhan kita membeli projector apakah untuk presentasi atau untuk memutar film atau menampilkan gambar dari Camera live shooting. untuk saat ini yg ada dipasaran yg sering kita jumpai ada dua type yaitu DLP dan LCD . kedua jenis type projector ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. Berdasarkan pengalaman saya klo anda membeli projector untuk presentasi saya sarankan untuk memilih jenis DLP, karena hasil dari tampilan gambar lebih terang juga lebih tinggi resolusinya jadi gambar lebih halus.Kalau anda membeli projector untuk live shooting mending pilih jenis yg LCD karena secara warna yg dihasilkan lebih tajam tapi memang secara resolusi kurang jadi gambar agak kasar.
Kedua kita tentukan untuk keperluan seberapa banyak audiens, ini ada kaitanya erat dengan Lumens , kalau kita membeli untuk presentasi audiens yg banyak tentunya semakin tinggi pula Lumens yang kita butuhkan.Misal kita perlu projector hanya untuk audien 50 org kita bisa memilih Lumens 1000/1500 sdh cukup Jika 50 s/d 100 audien pilih 2000 lumens.
Ketiga baru kita tentukan spek detail seperti resolusi, aspect ratio, wireless,berat,jumlah input output.dan kelengkapan bawaan projector dan yang paling penting adalah umur penggunaan lampu projector.Rata2 projector memiliki umur lampu 2000/3000 jam.jadi kalau umur lampu sudah kepakai 1000 jam..sisanya idealnya tinggal 1000 jam lagi harus ganti lampu.Tapi untuk memilih projector 2nd jangan hanya berpatokan pada umur lampu yg tampil dilayar, karena umur lampu ini bisa direset jadi saran saya lihat aja tampilan gambarnya terang apa sudah kabur. Walaupun umur pakai masih rendah klo hasil gambarnya kabur ato redup berarti ada masalah dengan lampu.ato mesinya.
Demikian beberapa Tips jika mau membeli Projector 2nd Semoga bermanfaat


14 komentar:

  1. projector sony vpl-es7 ku bermasalah,yaitu setelah beberapa saat dihidupkan tiba-tiba mati sendiri, baik lampu, kipas,ataupun lampu power.pada menu settingan 'power save mode' kondisi 'off', umur projector +- 1 th.minta pencerahan apa penyebabnya ?

    BalasHapus
  2. Dear : Servis Projector


    Kami punya Projector merk Mitsubishi SD206U dan sekarang lagi rusak atau tidak bisa support dgn kata lain bisa support sebentar terus mati. Kami coba memperbaiki namun gagal terus, mohon solosinya Dok....

    Salam, Thanks

    BalasHapus
  3. @Radio alhikmah...projector premature suttoff seperti itu kerusakan biasanya pada Modul Power Supplynya yg bermasalah jadi perlu diganti modul PSnya atau bawa ketempat service projector untuk di repair.

    BalasHapus
  4. @Pusat Rental..untuk analisanya harus tau dulu proses matinya..kondisi pada saat mati led power masih nyala apa tidak?jk masih nyala kemungkinan.. dilampu...ato Fan ada yg mati ato bisa jg dari mainbordnya.untuk lebih detailnya serahkan pd ahlinya..thanks

    BalasHapus
  5. infocus benq sebentar mati.lampu power dan kipas masih nyala kerusakan pada apanya gan?

    BalasHapus
  6. Mas, ane pnya proyektor benq mx501, baru dinyalakan itu gk beberapa lama mati sndiri. Ntar law udah 5 mnit dinyalakan bisa, tp tetep mati sendiri, ,
    itu knapa ya? Mksih

    BalasHapus
  7. Proyektor mati sendiri bisa dari Powerboard atau Lamp Blowernya.cirinya jk rusak powerboardnya pada saat mati indikator power juga mati jadi kaya power belum dicolokin ke listrik.thanks

    BalasHapus
  8. gan, proyektor infocus ane mati. ga ada daya sama sekali. itu knp ya..?? kl di service kira2 habis brp..?? trims sblmnya...

    BalasHapus
  9. Mohon sharingnya
    LCD projektor saya tampilan gambarnya(di Layar) bergerak terus tanpa henti meskipun telah saya ganti laptop dan kabel VGAnya, mohon solusinya.
    terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  10. sundul gan :)

    www.mediumprojector.com
    http://blog.mediumprojector.com

    BalasHapus
  11. Spare part proyektor gw bnyak stock

    BalasHapus
  12. Spare part proyektor gw bnyak stock

    BalasHapus
  13. kami Adalah Layanan Usaha Jasa Di Bidang Perbaikan Sekaligus Penyempurnaan Pada Kerusakan Unit Projector Lcd/Dlp Dengan Menyediakan Jasa Service Panggilan Maupun Di Tempat Khusus Anda Yang Bertempat Tinggal Di Kota Tangerang.
    Dengan Di Dukung Teknisi-teknisi Yang Telah Berpengalaman Di Bidang Projector & Sudah Teruji Kualitasnya Kami Hadir Untuk Memberikan Solusi/Bantuan Untuk Anda Yang Membutuhkan Jasa Service Projector
    The Real Service For Projector
    Memperbaiki Sekaligus Menyempurnakan Segala Macam Kerusakan Pada Projector,Contoh Kerusakan Seperti :
    - Projector Mati Total
    - Projector Kadang Mati Sendiri (Premature)
    - Projector Tidak Mau Nyala (NO Display)
    - Projector Redup/Buram
    - Projector Berbayang/Ngeblur Bercak Warna
    - Projector Tidak Konek Ke Laptop/Pc
    - Projector Indikator Temp,Lamp,Dan Replace Lamp
    - Projector Tampilan Bintik-bintik (Sesuai Keluhan Anda)
    Untuk Semua Model & Merk Seperti :
    Infocus, Panasonic, BenQ, LG, Optoma, Epson, Thosiba, Fujitsu, NEC, Casio, Hitachi, Eiki, Sony, Acer, Dell, Sanyo, 3M, Canon, Sim2, Hp.
    Kami Melayani Service Projector Panggilan Maupun Di Tempat Khusus Anda Yang Bertempat Tinggal Di Kota Tangerang & Untuk Anda Yang Berada Di Luar Kota Kami Menyediakan Jasa Service Melalui Pengiriman Unit Seperti JNE/Tiki.
    GARANSI 3 BULAN Kami Berikan Untuk Setiap Unit Projector Yang Telah Kami Service Demi Kepuasan Para Client,Karna Bagi Kami Service Itu Pelayanan,Kami Melayani Anda Dengan Sepenuh Hati.
    Jika Projector Anda Rusak Silahkan Hubungi Kami Di www.anggakomputer.xyz

    BalasHapus